Selasa, 18 Oktober 2011

perenan generasi muda untuk masa depan

Peran pemuda kian lama kian surut dalam aktifitas-aktifitas sosial di lingkungan mereka. Sebagai generasi muda yang harus mencerahkan masa depan mereka sendiri, tapi peranan pemuda di dalam jiwa mereka seakan telah mati. Bisa dibilang peran pemuda di era globalisasi seperti ini sudah berubah, mereka kebanyakan hanya mengurusi diri mereka sendiri.

Peran pemuda untuk memperbaiki masa depan sepertinya memang surut, tapi bukan itu yang akan saya tulis kali ini. Pada kesempatan kali ini, saya ingin mencoba menanyakan tentang sudah sejauh mana usaha Anda untuk meraih masa depan Anda sendiri dan lingkungan Anda khususnya kepada Anda yang merasa bahwa Anda adalah pemuda yang baik.
Jika Anda adalah pemuda yang baik, tentu peran pemuda dalam aktifitas sosial juga Anda ikuti, bukan begitu? Peran pemuda di era globalisasi seperti sekarang ini, sedang mengalami penurunan, bagaimana dengan Anda? Sudahkah Anda melakukan sesuatu untuk diri Anda sendiri sebagai persiapan meraih masa depan Anda sendiri? Dan sudahkah Anda ikut berperan dalam aktifitas lingkunag sosial anda
Peran pemuda sangatlah penting dalam setiap pembangunan dan pengembangan, tanpa ulur tangan Anda rasanya aktifitas pembangunan dan pengembangan hanya jalan di tempat. Menciptakan sesuatu tanpa pengembangan, itu tidak akan pernah bisa lebih sukses. Lebih sekarat, iya.
Mempersiapkan diri dalam perjalanan kita menuju masa depan juga merupakan bagian penting dalam setiap peran pemuda. Kalau peran pemuda sendiri hanya untuk kesenangan sesaat, mau jadi apa besok? Jika Anda telah berada di masa depan, jangan proteskan dan salahkan para pemimpin jika Anda tidak bisa lagi bangkit. Seharusnya Anda menyadari sejak awal apa saja yang telah Anda perbuat untuk diri Anda sendiri. Itu seharusnya peran pemuda untuk diri sendiri, tahu apa yang harus dilakukan.
Tak berhenti sampai di situ, peran pemuda akan terus dibutuhkan dalam setiap aktifitas pembangunan dan pengembangan tadi. Jangan cuma melihat dan menikmati, meski hanya sepatah kata dalam peran Anda sebagai pemuda, itu akan lebih baik dalam pembangunan dan pengembangannya nanti.
Sepatah kata dari seorang pemuda akan lebih berharga daripada 100 pemuda yang hanya melihat dan menikmati. Cobalah untuk ambil peran dalam setiap pembangunan dan pengembangan di lingkungan sosial Anda sendiri, peran jiwa pemuda Anda sangat berarti dalam prosesnya.
Jadi sudah sejauh mana usaha peran pemuda Anda untuk diri Anda sendiri dan lingkungan sosial di tempat Anda? Perhatikan diri Anda dan lingkungan sosial Anda, apa yang perlu dilakukan untuk meraih masa depanAnda dan lingkungan Anda? Dari situ maka peran pemuda dari jiwa Anda bisa terlahir.

Tidak ada komentar: